5 Jenis Investasi Jangka Panjang, Lengkap Dengan Tips Memulainya

09 September 2024 By Marcomm Loan Market
5 Jenis Investasi Jangka Panjang, Lengkap Dengan Tips Memulainya

Memiliki financial freedom untuk masa depan tentu menjadi idaman karena tidak perlu pusing memikirkan keuangan di hari tua. Salah satu cara untuk mencapainya di masa yaitu dengan investasi. 

 

Berbagai macam investasi dapat Anda lakukan sesuai dengan keinginan dan kemampuan. Investasi menjadi salah satu pengelolaan finansial yang cukup signifikan dan menjanjikan untuk dilakukan saat ini. Apalagi jika mendapatkan keuntungan besar, itu menjadi daya tarik masyarakat untuk segera berinvestasi. 
 

Keuntungan dari investasi sebenarnya menjadi keharusan untuk mencapai stabilitas finansial Anda khususnya di masa depan dengan investasi jangka panjang. Akan tetapi, sebelum memulai Anda harus memahami investasi jangka panjang seperti apa, berbagai macam investasi jangka panjang yang akan dilakukan. 
 

Dengan mengetahui macam-macam investasi, Anda dapat memilih mana saja investasi yang diinginkan serta sesuai dengan kemampuan Anda. Sehingga, Anda juga bisa mengatur investasi tersebut dengan tepat.

 

Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang merupakan salah satu cara mengelola keuangan dalam jangka waktu atau periode yang lama. Investasi ini biasanya memakan waktu lebih dari lima tahun. Oleh karena itu, Anda perlu bersabar dan bijak untuk investasi ini karena tidak bisa sembarang untuk dikelola apalagi jangka waktunya panjang.
 

Tujuan Investasi Jangka Panjang

Dalam investasi jangka panjang tentu memiliki tujuan supaya dapat mencapai target. Beberapa tujuan dapat Anda tentukan untuk investasi jangka panjang seperti menyiapkan dana pensiun dan menyiapkan pendidikan anak. Tidak hanya itu, investasi jangka panjang ini juga bisa untuk mengumpulkan modal untuk membeli properti atau properti tambahan.

 

Macam-Macam Investasi Jangka Panjang

Saham

Saham menjadi salah satu investasi paling populer untuk jangka panjang. Keberadaan saham menjadi pilihan bagi para investor untuk menghasilkan keuntungan. Investasi saham dapat memberikan keuntungan besar, apalagi dengan modal yang besar juga. Namun, dibalik keuntungan besar tentu ada risiko tinggi yang dihadapkan. Oleh karena itu, sebelum investasi saham alangkah baiknya memahami proses kerja saham dengan detail sehingga bisa mengurasi risiko tinggi yang akan hadir. Anda dapat melakukan transaksi saham mengacu kepada yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).


Emas

Investasi menguntungkan lainnya dan populer di masyarakat adalah emas. Anda dapat membeli emas murni atau perhiasan untuk disimpan sebagai aset berharga. Investasi emas ini menggunakan skema tabungan dengan memberikan keuntungan yang besar. Salah satu keuntungan investasi emas adalah minim risiko nilai yang jatuh terlalu jauh dan cenderung stabil.


Obligasi

Obligasi merupakan surat utang yang dikeluarkan pemerintah dan perusahaan untuk meminjam uang kepada investor. Investor membeli obligasi tersebut yang pada dasarnya adalah memberikan pinjaman kepada penerbit obligasi. Obligasi ini menawarkan keuntungan yang cukup stabil sehingga dapat menjadi tempat investasi yang menguntungkan dan memberikan rasa aman bagi para investor. 


Properti

Investasi dalam bidang properti juga merupakan tempat investasi yang cocok untuk jangka panjang. Memiliki properti seperti rumah dan tanah merupakan investasi populer bagi masyarakat Indonesia. Investasi properti ini sangat menguntungkan namun dengan risiko minim apalagi tanah. Harga tanah setiap tahun naik khususnya tanah di kota-kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya. Selain itu, jika Anda memiliki sebuah properti dapat dialih fungsikan seperti disewa ke orang lain. Penyewaan tersebut beragam mulai dari tempat usaha rumahan, tempat tinggi maupun lainnya. Investasi ini seiring berjalannya waktu akan terus naik karena kebutuhan masyarakat untuk memiliki tempat tinggal. 

 

Reksadana

Tidak kalah populer dari investasi lainnya, reksadana hadir di kalangan masyarakat dengan kemudahan dan kenyamanan dalam berinvestasi melalui peran dari manajer investasi. Manajer investasi akan membantu mengelola aset investasi Anda sehingga dapat memenuhi tujuan Anda dalam investasi di reksadana. Investasi ini cocok bagi Anda yang ingin terlibat di pasar uang tanpa harus ribet mengelola portofolio sendiri. Namun, Anda tetap harus memahami risiko dan tujuan investasi di reksadana sehingga dapat menyesuaikan dengan apa yang diinginkan.

 

Tips Investasi Jangka Panjang

Pahami Risiko

Langkah pertama dalam investasi jangka panjang yaitu memahami risiko. Setiap investasi yang dipilih tentu ada risiko, dengan memahaminya tentu Anda jadi mengetahui risiko seperti apa yang bakal dihadapi. Hal ini membuat Anda lebih preventif dalam menghadapi risiko tersebut.


Reinvestasi Dividen

Dividen merupakan pembagian keuntungan yang Anda dapatkan dari investasi saham. Alangkah baiknya Anda dapat reinvestasi dividen yang didapatkan sehingga dapat menambah portofolio saham Anda serta meningkatkan pertumbuhan potensi investasi jangka panjang.


Konsultasi Pada Ahli

Jika Anda ragu memulai investasi jangka panjang, segera konsultasi pada ahli. Dengan konsultasi pada ahli, Anda akan mendapatkan penjelasan terkait investasi yang diinginkan dan risikonya. Sehingga sebagai investor tentu akan memahami hal-hal tersebut serta yakin dengan tujuan untuk berinvestasi.
 

Loan Market sebagai financial aggregator pertama di Indonesia menyediakan jasa konsultasi mengenai pengajuan hingga keperluan terkait berbagai macam jenis kredit dan pinjaman. Loan Market menawarkan jaringan eksklusif dengan berbagai partner baik dari perbankan, multifinance, fintech, dan koperasi untuk memudahkan masyarakat dalam menemukan skema pinjaman yang tepat. Loan Market sudah tercatat di OJK sejak 2019 berkomitmen untuk terus menyediakan informasi yang akurat, membandingkan penawaran dari 29 lembaga keuangan terpercaya, menyediakan layanan konsultasi untuk membantu membuat keputusan finansial yang tepat. Tidak sampai situ saja, saat ini Loan Market memiliki website dan aplikasi Kalkulator KPR https://www.loanmarket.co.id/kalkulator-simulasi-kredit, sehingga lebih mudah dan praktis saat menghitung KPR. Unduh aplikasi melalui di Play Store  dan App Store. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website Loan Market di https://www.loanmarket.co.id/.

 

Written by Rifqy Alief Abiyya (Intern Marcomm Loan Market & Ray White PPC)

Editor by: Mega Madani (Digital Marketing Marcomm Loan Market)

Approved by: Mega Madani (Digital Marketing Marcomm Loan Market)