E-Materai Dalam Dunia Kerja: Mulai dari CPNS Hingga Loan Advisor di Loan Market Indonesia

23 September 2024 By Marcomm Loan Market
E-Materai Dalam Dunia Kerja: Mulai dari CPNS Hingga Loan Advisor di Loan Market Indonesia

E-Materai Dalam Dunia Kerja: Mulai dari CPNS Hingga Loan Advisor di Loan Market Indonesia

 

E-materai adalah bentuk digital dari materai yang menggantikan materai fisik pada dokumen digital. Penggunaan e-materai di Indonesia saat ini merupakan langkah krusial dalam upaya modernisasi dan digitalisasi administrasi serta dokumentasi legal.

 

Fungsinya yaitu untuk memberikan kekuatan hukum yang sama dengan materai konvensional pada dokumen elektronik, seperti kontrak, perjanjian, dan surat resmi lainnya. E-materai diakui sebagai sah dan berlaku sebagai bukti pembayaran pajak materai sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. 
 

E-Materai dan Peluang CPNS

Beberapa waktu lalu heboh mengenai penggunaan e-materai saat mendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024. Banyak masyarakat mengeluhkan mengenai sistem yang error, kehabisan, dan lain sebagainya. Padahal, penggunaan e-materai pada pendaftaran CPNS bertujuan supaya lebih efisien dan transparan, walaupun kenyataannya masih banyak kendala yang dirasakan. 
 

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir mengenai masalah ini, CPNS tidaklah menjadi satu-satunya peluang karir kerja di Indonesia. Masih banyak peluang-peluang lain yang bisa didapatkan untuk berkarir di dunia kerja.

 

Peluang Menjadi Loan Advisor

Loan Advisor, atau Penasihat Pinjaman adalah seorang ahli yang membantu individu dan perusahaan dalam proses pengajuan serta pengelolaan pinjaman. Mereka memiliki peran krusial untuk memastikan bahwa klien memperoleh pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan mereka. 

 

Loan Advisor bekerja untuk memahami kebutuhan klien seperti apa, apakah harus memulai bisnis, membeli rumah atau lainnya. Tidak hanya itu, Loan Advisor memberikan rekomendasi berdasarkan evaluasi keuangan klien. Beberapa keterampilan harus dimiliki Loan Advisor untuk menunjang kinerja seperti pengetahuan tentang keuangan, kemampuan analisis dan komunikasi, hingga negosiasi.  

 

Menjadi seorang Loan Advisor berbeda dari seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang harus mengikuti birokrasi. Sedangkan Loan Advisor, menawarkan kesempatan kerja yang lebih fleksibel dan dinamis. Apalagi, peluang untuk mendapatkan jaringan profesional dan penghasilan yang kompetitif juga terbuka lebar.
 

Loan Advisor di Loan Market Indonesia

Loan Market Indonesia menyediakan peluang karir bagi individu yang tertarik dalam bidang keuangan, perbankan, dan konsultasi pinjaman. Sebagai Loan Adviser, Anda akan berperan dalam membantu klien menemukan solusi pembiayaan yang tepat sesuai dengan kebutuhan mereka. Posisi ini memerlukan keterampilan komunikasi yang efektif, pemahaman mendalam tentang produk keuangan, dan semangat untuk membantu orang lain mencapai tujuan keuangan mereka.

 

Lika-liku penggunaan e-materai menghiasi dinamika pendaftaran CPNS tahun ini, apalagi bagi Anda yang mengincar peluang karir kerja. Namun, perlu dicatat bahwa banyak peluang karir kerja untuk Anda diluar PNS termasuk Loan Advisor di Loan Market Indonesia.
 

Loan Market sebagai financial aggregator pertama di Indonesia menyediakan jasa konsultasi mengenai pengajuan hingga keperluan terkait berbagai macam jenis kredit dan pinjaman. Loan Market menawarkan jaringan eksklusif dengan berbagai partner baik dari perbankan, multifinance, fintech, dan koperasi untuk memudahkan masyarakat dalam menemukan skema pinjaman yang tepat. Loan Market sudah tercatat di OJK sejak 2019 berkomitmen untuk terus menyediakan informasi yang akurat, membandingkan penawaran dari 29 lembaga keuangan terpercaya, menyediakan layanan konsultasi untuk membantu membuat keputusan finansial yang tepat. Tidak sampai situ saja, saat ini Loan Market memiliki website dan aplikasi Kalkulator KPR https://www.loanmarket.co.id/kalkulator-simulasi-kredit, sehingga lebih mudah dan praktis saat menghitung KPR. Unduh aplikasi melalui di Play Store  dan App Store. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website Loan Market di https://www.loanmarket.co.id/.
 

Written by Rifqy Alief Abiyya (Intern Marcomm Loan Market & Ray White PPC)

Editor by: Mega Madani (Digital Marketing Marcomm Loan Market)

Approved by: Mega Madani (Digital Marketing Marcomm Loan Market)