Pusing Karena Gak Sanggup Lanjut Bayar KPR? Berikut Beberapa Solusinya

24 September 2024 By Marcomm Loan Market
Pusing Karena Gak Sanggup Lanjut Bayar KPR? Berikut Beberapa Solusinya

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sering menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin memiliki tempat tinggal. Wajar saja, tidak semua orang memiliki dana untuk membeli rumah secara tunai. Melalui KPR, proses pembelian rumah menjadi lebih mudah, karena masyarakat bisa mencicil sesuai kemampuan keuangan mereka, dengan tenor hingga 20 atau bahkan 30 tahun.

 

Namun, hidup tidak selalu berjalan mulus, ada kalanya hidup mendapatkan hambatan termasuk membayar KPR. Jika Anda memiliki masalah finansial tentu akan berdampak kepada hambatan untuk membayar cicilan KPR. Dengan kondisi seperti ini bisa membuat tunggakan untuk membayar cicilan. Sebab itu, sebelum ambil KPR, Anda bisa dengan kalkulator simulasi kredit dari Loan Market untuk mengetahui gambaran yang akan dibayar.
 

Lalu, bagaimana jika Anda yang mengambil KPR tidak bisa melakukan pembayaran?. Berikut beberapa cara untuk mengatasi masalah pembayaran cicilan KPR dihimpun dari berbagai sumber.
 

Solusi Jika Tidak Sanggup Bayar KPR

Gunakan Dana Darurat atau Tabungan

Langkah pertama yang bisa Anda ambil ketika merasa kesulitan membayar cicilan KPR adalah memanfaatkan dana darurat atau tabungan. Dana darurat memang diperuntukkan bagi situasi mendesak. Jika Anda tidak mampu membayar cicilan KPR, hal tersebut tentu bisa dianggap sebagai keadaan darurat yang dapat menimbulkan masalah serius.


Refinancing

Refinancing atau pendanaan ulang adalah layanan dari bank yang memberikan pembiayaan ulang terhadap kredit yang belum lunas, namun dengan suku bunga lebih rendah. Pendanaan ulang ini umum digunakan dalam berbagai jenis kredit, seperti kredit rumah, kartu kredit, kendaraan, termasuk mobil. Secara sederhana, refinancing dilakukan dengan mengganti kredit yang sedang berjalan dengan pinjaman baru. Meski sekilas terlihat seperti "gali lubang tutup lubang," refinancing sebenarnya merupakan langkah strategis untuk mencegah kredit macet.


Minta Keringanan Cicilan

Solusi selanjutnya, Anda bisa mendatangi pihak bank untuk menjelaskan kondisi yang sedang dihadapi. Lakukan negosiasi dengan pihak bank dan minta keringanan. Atas keterbukaan tersebut, pihak bank bisa saja memahami kondisi Anda. Selain itu, bank juga bisa memberikan solusi lain seperti keringanan biaya denda, tenor, keringanan bunga dan lain sebagainya. 


Kerja Sampingan

Kerja sampingan bisa menjadi solusi ketika Anda kesulitan membayar cicilan KPR. Jika pekerjaan utama belum memungkinkan untuk menutupi cicilan, sebaiknya segera mencari pekerjaan tambahan. Pilihlah kerja sampingan yang sesuai dengan minat dan keahlian. Anda bisa memanfaatkan kemampuan tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Dengan cara ini, cicilan KPR setiap bulan dapat tetap terbayar.

 

Take Over Credit

Solusi lainnya adalah dengan menjual rumah melalui mekanisme take over credit. Proses take over credit ini melibatkan pengalihan tanggung jawab cicilan rumah yang belum lunas dari penjual (pemilik lama) kepada pembeli (pemilik baru). Dengan kata lain, pembeli akan melanjutkan cicilan hingga rumah tersebut lunas. Namun, sangat penting untuk berkoordinasi dengan pihak bank sebelum melakukan take over credit. Pengalihan cicilan tanpa persetujuan bank dapat mengakibatkan masalah cukup serius, termasuk tuntutan pidana dan perdata. Selain itu, pastikan memilih pembeli yang terpercaya dan memiliki kemampuan untuk menyelesaikan cicilan hingga lunas.
 

Berbagai cara untuk mengatasi masalah pembayaran cicilan bisa Anda lakukan, tinggal memilih cara apa yang sekiranya Anda sanggupi. Apabila ingin melakukan take over credit, Loan Market sebagai salah satu lembaga keuangan dapat menjadi pilihan Anda untuk melakukan take over credit.

 

Loan Market sebagai financial aggregator pertama di Indonesia menyediakan jasa konsultasi mengenai pengajuan hingga keperluan terkait berbagai macam jenis kredit dan pinjaman. Loan Market menawarkan jaringan eksklusif dengan berbagai partner baik dari perbankan, multifinance, fintech, dan koperasi untuk memudahkan masyarakat dalam menemukan skema pinjaman yang tepat. Loan Market sudah tercatat di OJK sejak 2019 berkomitmen untuk terus menyediakan informasi yang akurat, membandingkan penawaran dari 29 lembaga keuangan terpercaya, menyediakan layanan konsultasi untuk membantu membuat keputusan finansial yang tepat. Tidak sampai situ saja, saat ini Loan Market memiliki website dan aplikasi Kalkulator KPR https://www.loanmarket.co.id/kalkulator-simulasi-kredit, sehingga lebih mudah dan praktis saat menghitung KPR. Unduh aplikasi melalui di Play Store  dan App Store. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website Loan Market di https://www.loanmarket.co.id/.

 

Written by Rifqy Alief Abiyya (Intern Marcomm Loan Market & Ray White PPC)

Editor by: Mega Madani (Digital Marketing Marcomm Loan Market)

Approved by: Mega Madani (Digital Marketing Marcomm Loan Market)