Susah Menabung? Simak Tips-tips Berikut Ini dan Apa Saja Kendalanya

14 August 2024 By Marcomm Loan Market
Susah Menabung? Simak Tips-tips Berikut Ini dan Apa Saja Kendalanya

Pernahkan Anda merasa boros saat mengeluarkan uang, bahkan tanpa disadari uang pegangan sudah habis dan kondisi finansial Anda terganggu. Menabung menjadi solusi untuk mengelola keuangan agar tidak boros dan lebih terarah.

Sebenarnya menabung menjadi hal dasar yang harus diajarkan. Walaupun terlihat mudah, namun nyatanya menabung tidak segampang yang diperkirakan. Apalagi jika kebutuhan yang diperlukan membengkak. Seiring bertambah usia Anda, kebutuhan yang dikeluarkan juga akan lebih banyak. 

Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan tabungan untuk mengatur keuangan dengan baik. Terlepas dari nominal pendapatan yang Anda dapat, tabungan seharusnya tetap menjadi prioritas karena dapat menjadi pegangan. 

Jumlah gaji yang Anda dapatkan dari kerjaan bukanlah menjadi patokan untuk nominal tabungan, karena bisa saja dengan gaji besar tapi tidak punya tabungan. Tabungan dapat digunakan untuk masa depan atau sekadar pengeluaran yang tidak terduga. Berikut tips menabung yang bisa Anda terapkan sehari-hari.

Tips-tips Menabung

Sisihkan Dari Awal

Salah satu hal yang menjadi kendala menabung adalah Anda tidak menyisihkan uang yang ingin ditabung dari awal. Seharusnya, jika ingin menabung, Anda harus menyisihkan uang dari awal sebelum digunakan untuk keperluan lainnya. Setelah disisihkan, Anda dapat menggunakan uang lainnya untuk keperluan dan kebutuhan sehari-hari.

 

Tentukan Target

Dalam mencapai sesuatu tentu harus memiliki target termasuk menabung. Anda harus menentukan target dari awal seperti berapa total uang yang ingin ditabung. Anda juga memasang target seperti tabungan untuk menikah, membeli rumah, membeli mobil, bahkan liburan. Dari sini Anda akan lebih mudah menentukan uang yang ditabung akan digunakan seperti apa.

 

Buat Rekening Terpisah

Menggunakan rekening terpisah dapat lakukan jika khawatir uang tabungan Anda digunakan saat menggunakan rekening biasa. Rekening terpisah akan memudahkan Anda untuk menyisihkan uang tabungan. Setelah memiliki rekening tabungan terpisah dari rekening biasa, Anda dapat membatasi penggunaan rekening tabungan supaya dana tabungan aman dan tidak digunakan.

 

Kendala Dalam Menabung

Tidak Ada Target

Sebaiknya dalam menabung Anda harus memiliki target untuk tabungan yang Anda miliki. Jika tidak ada target, Anda akan merasa uang ini seperti uang untuk keperluan sehari-hari pada umumnya saja.

 

Gaya Hidup Konsumtif

Salah satu kendala untuk menabung adalah gaya konsumtif, ini menjadi salah satu ciri orang Indonesia yang cenderung konsumtif. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui pengeluaran apa saja yang ingin Anda beli untuk keperluan sehari-hari. Jika ingin membeli barang tertentu harus tetap dibatasi, jangan sampai hanya ingin memenuhi hasrat saja.

 

Tidak Paham Skala Prioritas

Masa depan menjadi salah satu skala prioritas untuk Anda pikiran. Untuk mempersiapkannya, Anda harus membuat tabungan masa depan sehingga memiliki pegangan. Apalagi jika Anda menginginkan masa depan yang cerah dalam masalah finansial. Tabungan seharusnya dapat menjadi skala prioritas yang harus disiapkan, kalau tidak disiapkan tentu akan membuat Anda kesusahan di masa depan,

Loan Market sebagai financial aggregator pertama di Indonesia menyediakan jasa konsultasi mengenai pengajuan hingga keperluan terkait berbagai macam jenis kredit dan pinjaman. Loan Market menawarkan jaringan eksklusif dengan berbagai partner baik dari perbankan, multifinance, fintech, dan koperasi untuk memudahkan masyarakat dalam menemukan skema pinjaman yang tepat. Loan Market sudah tercatat di OJK sejak 2019 berkomitmen untuk terus menyediakan informasi yang akurat, membandingkan penawaran dari 29 lembaga keuangan terpercaya, menyediakan layanan konsultasi untuk membantu membuat keputusan finansial yang tepat. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website Loan Market di https://www.loanmarket.co.id/.

Written by: Rifqy Alief Abiyya (Intern Marcomm Loan Market & Ray White PPC

Editor by: Mega Madani (Digital Marketing Marcomm Loan Market)

Approved by: Mega Madani (Digital Marketing Marcomm Loan Market)