Strategi Sederhana Mengelola Keuangan, Tentukan Target Untuk Mencapai Financial Freedom

08 September 2024 By Marcomm Loan Market
Strategi Sederhana Mengelola Keuangan, Tentukan Target Untuk Mencapai Financial Freedom

Masalah finansial kerap kali menghantui Anda apalagi saat memerlukan banyak kebutuhan. Sebab itu, memastikan finansial Anda stabil saat ini bahkan untuk masa depan menjadi niat baik dan diimpikan. 
 

Untuk mencapai finansial stabil tentu tidak mudah karena banyak hal yang harus diperhatikan. Berbagai cara dapat Anda lakukan atau sesuaikan dengan kemampuan dan dilakukan sejak dini. 

 

Anda perlu merencanakan pengelolaan keuangan Anda dengan baik mulai dari kebutuhan sehari-hari, kebutuhan anak atau orang tua hingga pengeluaran lainnya. Ini perlu diperhatikan dengan baik sehingga pengeluaran dan pemasukan lebih teratur. 
 

Selain itu, tanamkan sejak dini untuk tidak menghamburkan uang bagi keperluan yang tidak penting. Ini menjadi langkah preventif juga bagi Anda untuk mengatur masalah finansial Anda. Inilah beberapa cara dapat dilakukan untuk mengatur masalah keuangan, bisa untuk keperluan masa depan.
 

Cara Mengelola Keuangan

Tanamkan Kebiasaan Menabung

Langkah awal untuk mengelola keuangan Anda yaitu dengan menabung. Dengan menyisihkan uang, Anda dapat menyimpan uang tersebut untuk kebutuhan masa depan Anda. Selain itu, uang tabungan juga dapat digunakan untuk keperluan mendadak yang tidak terencana. Melalui menabung juga, perlahan Anda dapat mengubah gaya hidup karena dapat mengatur keuangan sesuai kebutuhan dan tidak menghamburkan begitu saja.


Hindari Berutang

Utang menjadi salah satu kendala yang harus dihindari karena dapat mengganggu dalam mengelola keuangan. Uang yang seharusnya bisa digunakan untuk menabung tapi justru untuk membayar utang. Hal ini bisa menjadi kendala Anda saat ingin menabung. Oleh karena itu, jika memiliki uang alangkah baiknya segera selesaikan dan jangan terlalu diundur-undur. Akibatnya akan menyusahkan diri Anda sendiri karena hanya berputar di masalah utang tanpa aksi nyata untuk mengelola keuangan masa depan.


Tentukan Prioritas Pengeluaran

Menentukan prioritas pengeluaran menjadi langkah penting bagi Anda untuk diimplementasikan. Dengan menentukan prioritas, Anda dapat memahami keperluan apa saja yang harus didahulukan dan dipenuhi. Pengeluaran prioritas misalnya kebutuhan sehari-hari, biaya sekolah dan lain sebagainya. Sebaliknya, jika tidak menentukan prioritas Anda bisa saja tidak sadar menghamburkan uang bahkan membeli barang yang tidak terlalu penting.


Jangan Membeli Barang Karena Ingin

Salah satu hal yang kerap kali tidak sadar penggunaan uang yaitu membeli barang bukan kebutuhan tapi keinginan. Membeli barang keinginan sah saja tapi perlu pertimbangan yang matang dan tetap harus mendahulukan kebutuhan.  Jika dirasa barang yang ingin dibeli tidak terlalu penting, sebaiknya dihindari dan uangnya dapat digunakan untuk menabung atau keperluan penting lain.


Mencatat Pendapatan dan Pengeluaran

Dengan mencatat pendapatan dan pengeluaran Anda jadi tahu bahwa dari mana uang berasal dan digunakan untuk apa saja. Dengan ini, Anda juga mengetahui secara rinci berapa kebutuhan pengeluaran Anda setiap hari atau bulannya. Catatan ini berisi rincian barang prioritas Anda.


Investasi

Opsi lain menyimpan uang dari menabung adalah alokasi dana untuk investasi. Anda dapat investasi dengan berbagai cara mulai dari emas, reksadana hingga saham. Dengan ini, nilai uang Anda di platform investasi tersebut bisa bertambah seiring berjalannya waktu.

 

Buatlah Target

Target dalam mengelola keuangan merupakan hal penting, tidak hanya menentukan prioritas saja. Akan tetapi harus menentukan target jangka panjang untuk mengelola keuangan. Misalnya, memiliki target tabungan atau investasi untuk membeli rumah atau untuk masa tua. Target akan memudahkan Anda karena mengelola keuangan dengan tujuan yang jelas. 

 

Itulah beberapa cara yang dapat Anda implementasikan untuk mengelola keuangan. Anda dapat menerapkan beberapa cara sesuai gaya dan keinginan Anda. Namun, hal terpenting dari pengelolaan keuangan adalah konsistensi, dengan konsistensi akan memudahkan Anda untuk menjalankannya. 

 

Loan Market sebagai financial aggregator pertama di Indonesia menyediakan jasa konsultasi mengenai pengajuan hingga keperluan terkait berbagai macam jenis kredit dan pinjaman. Loan Market menawarkan jaringan eksklusif dengan berbagai partner baik dari perbankan, multifinance, fintech, dan koperasi untuk memudahkan masyarakat dalam menemukan skema pinjaman yang tepat. Loan Market sudah tercatat di OJK sejak 2019 berkomitmen untuk terus menyediakan informasi yang akurat, membandingkan penawaran dari 29 lembaga keuangan terpercaya, menyediakan layanan konsultasi untuk membantu membuat keputusan finansial yang tepat. Tidak sampai situ saja, saat ini Loan Market memiliki website dan aplikasi Kalkulator KPR https://www.loanmarket.co.id/kalkulator-simulasi-kredit, sehingga lebih mudah dan praktis saat menghitung KPR. Unduh aplikasi melalui di Play Store  dan App Store. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website Loan Market di https://www.loanmarket.co.id/.

 

Written by Rifqy Alief Abiyya (Intern Marcomm Loan Market & Ray White PPC)

Editor by: Mega Madani (Digital Marketing Marcomm Loan Market)

Approved by: Mega Madani (Digital Marketing Marcomm Loan Market)