Tetap Bayar Cicilan di Bank Lama atau KPR Take Over? Pilihan Terbaik untuk Pejuang KPR

24 July 2024 By Marcomm Loan Market
Tetap Bayar Cicilan di Bank Lama atau KPR Take Over? Pilihan Terbaik untuk Pejuang KPR

Tetap membayar cicilan KPR dengan bunga yang sedang floating atau melakukan KPR Take Over? Pilihan yang seringkali dihadapi oleh para pejuang KPR. Pastinya, kita mau mau mengambil tindakan yang paling menguntungkan dong, tetapi gimana sih menentukannya?

Sebelumnya, ada keuntungan sendiri dari kedua pilihan masing-masing. Dengan tetap membayar cicilan KPR dari bank lama, kamu bisa:

  1. Menghindari Mengulang Proses Administrasi

    Jika Anda memilih untuk  tetap membayar cicilan di bank lama, maka tentunya Anda tidak perlu mengulang proses administrasi dari bank. Bagi banyak orang, proses administrasi ini bisa dibilang cukup rumit dan ada juga kemungkinan pengajuan ditolak jika dilakukan sendiri.

  2. Menghindari Pengeluaran Biaya Tambahan

    Jika melakukan Take Over, ada beberapa biaya tambahan  yang harus Anda bayar untuk bisa pindah dari bank lama ke bank baru, seperti biaya administrasi, serta biaya penalti dan biaya appraisal yang bisa saja dikenakan oleh Bank. Namun, walaupun biaya ini bisa dianggap sebagai beban tambahan, perlu diingat bahwa sekarang banyak bank yang menawarkan program penghapusan biaya penalti untuk orang-orang yang melakukan Take Over. Jika Anda memilih bank yang tepat, maka Anda tidak perlu khawatir akan biaya tambahan. 

  3. Adanya Kesempatan Suku Bunga Berubah

    Dengan cicilan menggunakan bunga floating, ada saja kesempatan di mana suatu waktu suku bunga turun. Hal ini dikarenakan suku bunga floating disesuaikan oleh kondisi pasar. Namun, perlu diketahui bahwa hal tersebut tidak terjamin dan bahkan ada juga kemungkinan suku bunga malah naik. 

Beberapa poin di atas memang menguntungkan jika Anda tidak mau melakukan proses pengajuan kembali, tetapi jangan lupa bahwa melakukan Take Over KPR juga ada keuntungannya sendiri, seperti berikut:

  1. Suku Bunga Lebih Rendah

    Salah satu tujuan utama seseorang melakukan Take Over KPR ialah untuk mendapatkan cicilan dengan suku bunga yang lebih rendah. Dengan melakukan Take Over, Anda bisa melanjutkan pembayaran cicilan KPR Anda dengan bank yang menawarkan suku bunga lebih rendah perbulannya.

  2. Fleksibilitas yang Lebih Baik

    Tidak hanya suku bunga, dengan bank baru ada juga kemungkinan Anda untuk mendapatkan penawaran syarat dan ketentuan yang lebih fleksibel juga.  Contohnya, seperti mendapatkan opsi masa tenor yang lebih panjang ataupun pilihan pembayaran yang lebih variatif.

  3. Kesempatan Penambahan Plafon Kredit

    Dengan melakukan Take Over, Anda juga bisa mendapatkan kesempatan untuk menambahkan plafon kredit. Hal ini cocok jika Anda juga mempunyai keperluan lain, seperti melakukan renovasi atau kebutuhan lainnya.

Nah, setelah mempertimbangkan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari kedua opsi tersebut, penting juga untuk mengetahui opsi yang paling menguntungkan dari segi biaya yang harus dikeluarkan nantinya. 

Untungnya, ada cara yang mudah untuk memperkirakan jumlah biaya yang harus Anda keluarkan, baik jika Anda tetap membayar cicilan dengan bank lama maupun melakukan Take Over KPR. Caranya yaitu dengan menggunakan kalkulator KPR yang Anda bisa akses melalui website Loan Market atau https://www.loanmarket.co.id/kalkulator-simulasi-kredit. Namun, Anda juga mengaksesnya melalui Kalkulator KPR by Loan Market di App Store (IOS) dan Play Store (Android) untuk akses yang lebih mudah di HP. 

Kalkulator KPR by Loan Market merupakan kalkulator yang Anda bisa gunakan untuk simulasi kebutuhan KPR Anda, baik jika Anda mau mengajukan KPR maupun Take Over KPR. Dengan menggunakan Kalkulator KPR, Anda bisa dengan mudah mengkalkulasi perkiraan total cicilan yang Anda perlu bayar. Tinggal pilih jenis KPR yang Anda ingin ambil dan isi angka-angka yang diperlukan, seperti suku bunga, DP, lama pinjaman, dan lain-lain. Setelah itu, tinggal klik hitung dan jadi! Anda bisa membuat perbandingan sendiri mana yang lebih menguntungkan dari sisi biaya. 

Akses Kalkulator KPR by Loan Market dan dapatkan konsultasi tentang KPR melalui website https://www.loanmarket.co.id/

Written by: Selma Andjani Mahanum

Intern Marcomm Loan Market & Ray White PPC

Editor:  Mega Madani (Digital Marketing Specialist Loan Market)