Dari Teman Jadi Rekan, Berikut Tips Sukses Membangun Usaha Bersama

19 August 2024 By Marcomm Loan Market
Dari Teman Jadi Rekan, Berikut Tips Sukses Membangun Usaha Bersama

Membangun usaha bersama teman bisa menjadi suatu pengalaman yang cukup menegangkan namun bisa menjadi kepuasan tersendiri jika bisnis atau usaha Anda dengan teman Anda bisa sukses dalam membangun dan mengembangkannya. Hubungan dekat yang sudah terjalin bisa dijadikan modal utama Anda dalam menjalankan bisnis bersama teman, namun terkadang hal ini menjadi bencana karena bisa mengganggu pertemanan dan menjadi perselisihan. Agar hal tersebut tidak terjadi dan usaha yang Anda bangun bisa berkembang dan sukses, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda ikuti!


Pastikan Anda dan Teman Anda Cocok untuk Menjadi Mitra Bisnis

Tidak semua teman dekat Anda bisa cocok atau sesuai untuk dijadikan sebagai mitra bisnis Anda. Kualitas dan kapabilitas seseorang yang menjadi teman baik, belum tentu cocok untuk menjadi mitra bisnis yang baik. Anda dapat memulainya dengan melihat kondisi pertemanan Anda, apakah pernah mengalami konflik sebelumnya, apakah pernah bekerja sama mengerjakan sesuatu, dan lain sebagainya.


Memiliki Tujuan yang Sama

Selanjutnya, memiliki visi dan misi atau tujuan yang sama juga hal yang penting dalam membangun bisnis atau usaha bersama teman. Anda perlu memastikan bahwa Anda dengan teman memiliki pemahaman yang serupa mengenai apa yang ingin dibangun pada usaha dan cara mengembangkannya. 


Memiliki Pembagian Tugas Masing-Masing

Ketika mulai perencanaan, ada baiknya jika Anda dan teman calon mitra bisnis Anda sudah membagi dan memperjelas peran masing-masing sesuai dengan kemampuan dan kesepakatan. Hal ini dilakukan untuk mencegah konflik dan menghilangkan kebingungan ketika Anda menjalani bisnis bersama. Tetapi, Anda juga harus tetap fleksibel dan terbuka jika di waktu kedepannya terdapat perubahan dan mudah beradaptasi.


Membuat Surat Perjanjian Berlandaskan Hukum

Sebelum memulai usaha bersama teman, Anda penting untuk membuat surat perjanjian yang berdasarkan hukum. Surat tersebut harus mencakup pembagian modal dan keuntungan usaha, pembagian tugas, dan hal lainnya yang sudah disepakati bersama. Di surat tersebut juga harus terdapat beberapa konsekuensi atau tindakan yang diambil jika ditengah perjalanan menjalani bisnis, terjadi hal yang diinginkan. Dengan adanya surat perjanjian yang berlandaskan hukum, bagi Anda maupun teman Anda akan lebih berhati-hati dalam menjalankan usaha.


Pisahkan Hubungan Pribadi dan Bisnis

Hal berikut merupakan bagian terpenting jika Anda sudah mulai melakukan usaha bersama dengan teman Anda. Anda dengan teman Anda sebagai mitra bisnis harus bisa membedakan mana urusan bisnis mana urusan pribadi. Misalnya, jika Anda sedang melakukan kegiatan diluar bisnis dengan teman Anda, hindari membahas perihal bisnis, supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti munculnya konflik. 

 

Bagi Anda yang ingin memulai usaha dan/atau mengembangkannya, Loan Market bekerjasama dengan berbagai bank dan institusi finansial yang menyediakan kredit investasi maupun modal usaha dengan jangka waktu pelunasan, jangka menengah dan jangka panjang. Loan Market sebagai financial aggregator pertama di Indonesia menyediakan jasa konsultasi mengenai pengajuan hingga keperluan terkait berbagai macam jenis kredit dan pinjaman. Loan Market menawarkan jaringan eksklusif dengan berbagai partner baik dari perbankan, multifinance, fintech, dan koperasi untuk memudahkan masyarakat dalam menemukan skema pinjaman yang tepat. Loan Market sudah tercatat di OJK sejak 2019 berkomitmen untuk terus menyediakan informasi yang akurat, membandingkan penawaran dari 29 lembaga keuangan terpercaya, menyediakan layanan konsultasi untuk membantu membuat keputusan finansial yang tepat. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website Loan Market di https://www.loanmarket.co.id/.

Written by: Jasmine Azzahra Siregar (Intern Marcomm Loan Market & Ray White PPC)

Editor by: Mega Madani (Digital Marketing Marcomm Loan Market)

Approved by: Mega Madani (Digital Marketing Marcomm Loan Market)