Mengenal Agen Rumah & Tips Memilih Agen yang Tepat!

21 June 2024 By Arnellta Asmara
Mengenal Agen Rumah & Tips Memilih Agen yang Tepat!

Properti menjadi salah satu instrumen investasi yang sangat menjanjikan sekaligus memiliki resiko paling rendah. Hal tersebut menjadikan properti sebagai instrumen investasi yang paling banyak diminati para investor. Menurut Data Bank Indonesia (BI) terdapat pertumbuhan yang meningkat dalam kredit pemilikan rumah (KPR) mulai dari rumah tapak sampai dengan kategori properti mewah. Pertumbuhan rumah mewah mencapai 18,15%, dimana perkembangan tersebut jauh lebih besar dibandingkan dengan pertumbuhan pemilihan rumah tapak sebesar 13.01%. Dimana pada tahun 2023 yang lalu ketertarikan masyarakat kepada pemilikan rumah hanya bertumbuh sebesar 5,99%.

 

Dalam memilih properti yang terbaik tentu kita perlu mempertimbangkan beberapa hal yang krusial secara matang. Salah satu jasa yang dapat membantu kita dalam memilih perencanaan keuangan serta properti yang terbaik untuk menjadi investasi kita yaitu melalui makelar atau pun agen properti.  Makelar merupakan sebuah lembaga maupun individu sebagai perantara dalam proses pembelian properti. Mereka akan memberikan beberapa pilihan properti sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita. 

 

Ada 2 jenis agen properti yaitu makelar resmi dan makelar tidak resmi. Makelar Resmi adalah individu yang telah teregistrasi resmi dalam suatu lembaga ataupun broker. Makelar Tidak Resmi adalah seorang individu yang bekerja secara independen dan tidak terdaftar dalam agen atau broker manapun. Pada umumnya makelar seperti ini hanya  memanfaatkan relasi antara pemilik aset dengan calon pembeli dari mulut ke mulut saja. 

 

Banyak kemudahan dan keunggulan jika kita menggunakan jasa makelar pada proses jual/beli properti. Di antaranya kita dapat menentukan harga yang sesuai dengan value aset. Karena di saat mereka mendapat penawaran untuk menjual suatu properti, mereka akan menyesuaikan harga dengan pasaran yang ada untuk mencegah harga yang terlalu tinggi dan dapat membuat properti menjadi sulit dijual. Selain itu, seorang makelar yang bagus juga akan memastikan legalitas dokumen yang lengkap. Sebelum makelar akan memasarkan properti yang akan dijual, mereka akan memastikan terlebih dahulu terkait kelengkapan dokumen properti, seperti sertifikat, akta jual beli, pajak, dan lain-lain. 

 

Maka dari itu agar kita dapat memaksimalkan keunggulan jasa dari para makelar, alangkah baiknya kita bisa memilih makelar yang resmi dan bersertifikat untuk menghindari makelar “nakal”. Ada beberapa tahapan yang dapat dilakukan untuk meminimalisir risiko bertemu dengan makelar yang “nakal”. Yang pertama adalah dengan melakukan verifikasi identitas makelar. Anda dapat memeriksa izin atau cek asal dari broker/agen apa dengan cara datang ke kantor agen mereka. Walaupun para agen dapat membantu memberikan nilai harga properti kita, sebaiknya kita tetap riset harga pasaran di daerah yang diminati. Tujuan dari meriset harga pasaran ini adalah untuk mengetahui apakah harga yang ditawarkan terlalu rendah/tinggi. Apabila terlalu rendah pun bisa menjadi salah satu pertanda penipuan properti. Untuk pembelian properti, kita juga harus tetap lakukan inspeksi lapangan. Jangan pernah melakukan sebuah transaksi yang hanya Anda ketahui deskripsinya melalui via chat atau telfon. Sekalipun Anda sudah bertemu di kantornya, tetap lakukan inspeksi lapangan di lokasi aset Anda berada agar Anda bisa melihat secara langsung aset yang akan Anda beli. Dan pada saat proses transaksi dimulai, biasakan untuk baca, dan periksa dokumen dengan teliti. Jangan terburu-buru menandatangani dokumen sebelum Anda memahami betul semua persyaratan serta konsekuensi dari surat yang akan Anda tandatangani. Serta, selalu berhati-hati apabila makelar meminta pembayaran dimuka dengan biaya besar maupun kecil. 

 

Loan Market sebagai financial aggregator pertama di Indonesia menyediakan jasa konsultasi mengenai pengajuan hingga keperluan terkait berbagai macam jenis kredit dan pinjaman. Loan Market menawarkan jaringan eksklusif dengan berbagai partner baik dari perbankan, multifinance, fintech, dan koperasi untuk memudahkan masyarakat dalam menemukan skema pinjaman yang tepat. Loan Market sudah tercatat di OJK sejak 2019 berkomitmen untuk terus menyediakan informasi yang akurat, membandingkan penawaran dari 29 lembaga keuangan terpercaya, menyediakan layanan konsultasi untuk membantu membuat keputusan finansial yang tepat. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website Loan Market di https://www.loanmarket.co.id/.

 

Written by: Arnellta Asmara (Marcomm SPV Loan Market)

Approved by: Astrid Tania Zakiah (Group Head of Marketing)